Posko Pemprov Jabar Wujud Kepedulian Pemerintah Terhadap Korban Gempa Cianjur

Info Jabar

KAB. CIANJUR, KJ – Keberadaan Posko Pemprov Jabar merupakan, wujud kepedulian pemerintah kepada korban terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Ida Wahida Hidayati di Posko Pemprov Jabar Bencana Gempa Cianjur  di Kecamatan Pacet.

Ida menjelaskan, saat ini pemerintah baik ditingkat kabupaten/kota, provinsi sampai pusat tengah berupaya memberikan segala bentuk bantuan bagi para korban gempa bumi cianjur.

“Insya Allah bantuan pasti banyak dari Pemerintah kabupaten kota provinsi bahkan pemerintah pusat bahkan dari negara lain pun sudah berdatangan” ucap Ida, Kamis (1/12/2022).

Ida menambahkan, seperti yang telah dikatakan Presiden Republik Indonesia bahwa rumah masyarakat yang mengalami kerusakan akibat bencana gempa akan mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Pak Presiden sudah mengatakan bahwa untuk penggantian rumah yang rusak berat itu akan diberikan sumbangan 50 juta untuk rusak sedang 25 juta untuk rusak ringan 10 juta mudah-mudahan bisa terealisasi”katanya.

Lebih lanjut Ida menyatakan, Posko Pemprov Jabar Bencana Gempa Cianjur akan berlangsung hingga situasi dan kondisi pasca bencana gempa dinyatakan kembali pulih.

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat mendirikan Posko Pemprov Jabar Bencana Gempa Cianjur di sejumlah kecamatan terdampak, salah satunya di  Kecamatan Pacet. Posko tersebut berlokasi di kawasan UPTD Pengawasan Sumber Daya Kelautan Perikanan Wilayah Selatan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat.

Adapun selaku leading sector adalah Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat bersama Sekretariat DPRD (Setwan), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat.

IKIAD Provinsi Jawa Barat saat serahkan bantuan gempa Cianjur

Sebelumnya, Ikatan Kekeluargaan Istri dan Anggota Dewan (IKIAD) Provinsi Jawa Barat juga menyalurkan bantuan kepada korban terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Senin (28/11/2022).

Penyaluran bantuan diberikan langsung kepada pihak Pemerintah Kabupaten Cianjur, dan kepada masyarakat terdapat di sejumlah daerah. Adapun bantuan tersebut berupa bahan kebutuhan sandang, dan pangan bagi para korban yang masih bertahan di tempat pengungsian.

Ketua IKIAD Provinsi Jawa Barat Rinrin Merinova dalam kesempatan tersebut menjelaskan, peyerahan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana gempa bumi merupakan wujud kepedulian Pimpinan dan Anggota IKIAD Provinsi Jawa Barat.

Rinrin pun berharap, bantuan yang diberikan dapat meringankan beban para korban dan dapat diberikan kesabaran dan ketabahan.

Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) Provinsi Jawa Barat

Begitu juga Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) Provinsi Jawa Barat meninjau, dan memberikan bantuan kepada korban terdampak bencana gempa bumi Kabupaten Cianjur, Kamis (24/11/2022).

Ketua Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari menjelaskan, bahwa bantuan berupan bahan kebutuhan pokok tersebut diberikan langsung kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur dan kepada masayarakat terdampak gempa yang berada di sejumlah wilayah.

Ineu yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat menambahkan, dalam kesempatan yang sama pihaknya meninjau langsung kondisi sejumlah wilayah terdampak bencana gempa bumi, yaitu di Kecamatan Warungkondang dan Kecamatan Cugenang.

Tak ketinggalan, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat salurkan bantuan berupa bahan kebutuhan pokok kepada korban terdampak musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Selasa (22/11/2022).

Adapun bantuan tersebut diberikan langsung kepada masyarakat Kampung Gunung Lanjung 2, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur serta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur.

Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Barat Ida Wahida Hidayati mengungkapkan, bahwa pemberian bantuan kepada masyarakat terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, merupakan wujud kepedulian ASN di lingkungan Sekretariat DPRD Jabar.

“Hari ini kami melihat lokasi korban gempa bumi yang terdampak sangat berat di Kampung Gunung Lanjung 2 Desa Cijedil Kecamatan Cugenang, Disini banyak warga terdampak, kondisi rumah sebagian besar rusak berat. Alhamdulillah kami bisa berbagi membantu para korban terdampak”ucap Ida.

Ida berharap, semoga dengan bantuan yang diberikan dapat meringankan dan memberikan kebahagian bagi para korban terdampak.

“Semoga dengan bantuan ini mereka dapat merasakan kebahagiaan. Ini merupakan wujud¬† kepedulian kami terhadap sesama dalam berbagi dalam mengahadapi bencana ini,” ujar Ida.

Sebelumnya, pada Senin (21/11/2022) siang gempa bumi dengan magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur. Gempa tersebut terletak di darat pada koordinat 107,05 BT dan 6,84 LS, berjarak sekitar 9,65 km barat daya dengan kedalaman 10 km. (Red)