DPRD Kota Bandung Akan Tinjau Kesiapan Perumda Tirtawening dalam Pelayanan Kebutuhan Air Minum

Bandung Raya headline
Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Ir. Kurnia Solihat

BANDUNG, KJ – Pimpinan beserta Komisi A dan Komisi B DPRD Kota Bandung diagendakan akan melaksanakan kunjungan monitoring kesiapan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Gedebage untuk melayani masyarakat terkait dengan pemenuhan janji walikota untuk menambah 25.000 sambungan langganan baru sebagaimana tertuang dalam RPJMD.

Sedangkan lokasi monitoring penyiapan SPAM Gedebage diantaranya ke lokasi Intake Cikalong, dengan melihat kesiapan bangunan penyadap air baku jika SPAM Gedebage sudah dioperasikan.

“Begitu pula ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cikalong, kita akan melihat kehandalan instalasi pengolahan air yang telah selesai dibangun. Dan salah satu titik Chamber Jaringan Distribusi Utama (JDU) Sub Zona SPAM Gedebage, untuk mengetahui kesiapan JDU yang akan menjadi sistem input distribusi untuk jaringan perpipaan DMA-DMA yang akan segera dibangun di tahun 2023,” ujar Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Ir. Kurnia Solihat di Bandung, Kamis 16 Februari 2023.

Bukan hanya itu, termasuk kesiapan Perumda Tirtawening untuk dapat melayani kebutuhan air minum bagi Rusunawa Cisaranten Bina Harapan yang menjadi program strategis Pemerintah Pusat.

Dirut Perumda Tirtawening tengah mendampingi Wakil Ketua DPRD Kota Bandung saat meninjau Pipa Chamber Buahbatu dan IPA Cikalong

Sehari sebelumnya, bersama rombongan Fraksi Gerindra, dirinya sempat meninjau Pipa Chamber Buahbatu dan IPA Cikalong untuk memastikan terjaganya kebutuhan air minum di Kota Bandung.

Sementara itu, dimulai sejak akhir tahun kemarin, Perumda Tirtawening Kota Bandung rajin menggelar Sosialisasi Pemasangan Baru khusus untuk Kawasan Bandung Timur SPAM Gedebage.

Di beberapa kesempatan sosialisasi, Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi mengungkapkan SPAM Gedebage ini merupakan SPAM untuk menjawab semua keluhan yang ada saat ini, baik untuk pelanggan di kawasan Bandung Timur yang sudah ada atau pun pelanggan yang ada di luar blok Gedebage.

Bahkan Smart SPAM Gedebage ini dikhususkan bagi warga yang bermukim di area blok Gedebage. Dengan batas blok Gedebage yakni sebelah Barat Terusan Jalan Buahbatu, sebelah Utara Jalan Soekarno-Hatta, sebelah Timur Rancanumpang (Jalan Cimecrang) dan sebelah Selatan jalan tol Purbaleunyi.

Begitu pula pihaknya pun memastikan IPA Cikalong yang menjadi sumber air untuk SPAM Gedebage sudah selesai.

“Smart SPAM Gedebage jawaban kami untuk menjawab keluhan pelanggan. Sampai saat ini pelanggan di Margahayu Raya, Ciwastra yang sudah berlangganan dialiri dari instalasi yang ada di Badaksinga. Insyaallah secara teknis, air yang mengalir untuk blok SPAM Gedebage airnya mengalir langsung dari Cikalong,” jelasnya. (Red)