Runway BIJB Kurang, DPRD Jabar Dorong Bangun Perpanjangan

16 Juli 2018 / 11:49 Dibaca sebanyak: 15 kali Tulis komentar

BANDUNG, KJ – Pemerintah telah mencanangkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati-Majelangka dari jauh-jauh hari akan dipergunakan untuk Pemberangkatan Jamaah Haji asal Jawa Barat di musim Haji 1439H/ 2018. Akhirnya tekad dan target tersebut terpenuhi, walaupun baru secara simbolis karena dari 98 Kloter Jaamah Haji Jabar yang diberangkat dari BIJB Kertajati baru 3 kloter yaitu Kloter 1 (asal Sumedang), Kloter 70 (asal Majalengka) dan kloter 98 (kloter gabungan/pemungkas).

Menurut Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar H. Daddy Rohandy, miskipun baru secara simbolis karena hanya tiga Kloter (1,70 dan 98) dari 98 kloter asal Jabar yang diberangkatkan dari BIJB Kertjati. Namun, hal ini sebagai pilot project, bahwa BIJB Kertajati sudah dapat dipergunakan untuk pemberangkatan jemaah haji 1439H.

“Ke depan tentunya kita berharap seluruh Jamaah Haji asal Jabar diberangkat dari BIJB Kertajati, untuk itu perlu segera dibangun sarana-prasarana kebutuhan haji. Ada 2 (dua) hal yang cukup krusial yang harus segera dibangun yaitu penambahan Runway (panjang landasan) dan Embarkasi/ Asrama Haji,” kata Daddy Rohanady dari Fraksi PGerindra saat ditemui di ruang kerja Komisi IV DPRD Jabar, Senin (16/7/2018).

Dikatakan, kondisi Runway BIJB saat ini baru mencapai 2.500 meter sedangkan pesawat Suadi Arabia Arline (Boing 777) yang membutuhkan Runway paling pendek 3.000 meter.

“Jadi masih kurang, sehingga, pemberangkatan jamaah haji sekarang dari BIJB Kertajati menggunakan pesawat sedang lalu turun/transit ke Bandara Soeta (Cingkareng). Kemudian lanjut ke tanah suci (Untuk Gelombang I turun di Madinnah dan untuk Gelombang II di Jeddah- Mekkah) menggunakan pesawat Suadi Arabia Airline,” terangnya.

Untuk itu, DPRD Jabar dan Pemprov mendorong agar konsorsium PT Angkasa Pura II dan PT BIJB selaku operator Bandara BIJB untuk segera membangun perpanjangan Runway yang masih kurang. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Web Hosting Murah WHAiO