Pandangan Fraksi PDIP, Jabar Harus Miliki Sektor Unggulan Sebagai Lokomotif

4 Mei 2017 / 06:24 Dibaca sebanyak: 213 kali Tulis komentar

BANDUNG KJ – Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Barat raperda perubahan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Jawa Barat yang diajukan oleh Gubernur Jabar, harus memiliki program prioritas dan sektor unggulan sebagai lokomotif bagi pembangunan daerah. Sehingga sumberdaya yang terbatas dapat dialokasikan secara fokus, untuk pembangunan yang lebih maju dan berdaya saing.

FPDIP berpandangan, bahwa sector prioritas harus mampu mendoorong pertumbuhan pertumbuhan ekonomi di Jabar dalam jangka panjang yang sekaligus tetap menjaga kelestariannya. Namun, apa yang terjadi dalam beberapa tahun nelakangan ini, sector industry pengolahan yang dijadikan tulang punggung perekonomian Jabar belum mampu mewujudkan kesejahteraan masarakat.

Untuk itu, kini sudah saatnya Jawa Barat dalam RPJMDnya merubah strategi dan arah kebijakan pembangunan ekonominya, berorientasi kepada sektor yang lebih prospektif dimasa sekarang dan yang akan datang yaitu sektor pariwisata.

Pandangan umum FPDIP ini dibacakan oleh dr. Ikhwan Fauzi, M.Kes dalam sidang paripurna DPRD Jabar tentang lima Raperda Prov Jabar tahun sidang 2017, kemarin.

FPDIP menilai bahwa tingkat pengangguran yang semakin meningkat di Jawa Barat hingga mencapai angka 8.89 Persen th 2016 tertinggi kedua secara nasional sebelumnya 8,27 Persen (th 2015), serta PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Jawa Barat yang hanya Rp. 34.88 Juta dan hanya menempati posisi ke 22 secara nasional tetapi ironinya sektor industri ini mengakibatkan hilangnya 100 ribu ha lahan produktif setiap tahunnya karena beralih fungsi. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Web Hosting Murah WHAiO