Legislatif Inginkan Pemprop Jabar Maksimalkan Potensi Laut

23 Januari 2019 / 04:54 Dibaca sebanyak: 83 kali Tulis komentar

BANDUNG, KJ – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat menginginkan pemerintah provinsi bisa memaksimalkan potensi laut yang dimiliki dengan kewenangan atas pengelolaan sumber daya alam setempat. Pengelolaan laut itu pada wilayah teritorial 12 mil yang berada di Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) 573 Samudra Indonesia dan WPP 712 Laut Jawa.

“Sampai sejauh ini, bicara jangka panjang Jawa Barat yakni menjadi provinsi termaju di Indonesia. Salah satu potensi terbesar di Jabar sekarang adalah laut, kami punya wilayah 12 mil,” kata Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapeperda) Jawa Barat R Yunandar Eka Perwira, di Bandung, seperti yang dilansir kantor berita Antara, Rabu (23/1/2019).

Dia mengatakan kewenangan pengelolaan laut di wilayah teritorial 12 mil ini tidak hanya berbicara tentang perikanan, namun juga ada potensi energi terbarukan, garam, sektor pariwisata hingga perhubungan.

“Termasuk kita harus bicara bagaimana menjadikan lautan ini menjadi daratan yang baru. Sebagai contoh, di Belanda, mereka sudah bisa berternak sapi di atas laut. Nah, artinya potensi itu harus mulai dieksplorasi dari sekarang dalam bentuk riset, pilot project, dan lain-lain,” katanya.

Menurut Yunandar, perlu dukungan luar biasa dari berbagai pihak seperti sumber daya manusia, anggaran, teknologi atau ilmu pengetahuan hingga penelitian.

“Kalau kita mau investasi dari sekarang, kita punya SDM yang kuat. Tinggal bagaimana laut ini kita ubah paradigmanya yakni sebagai daratan baru, sehingga orang tidak sungkan punya bisnis di atas laut,” ujarnya. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Web Hosting Murah WHAiO