Dispertapa Kota Bandung Galakkan Menanam Pohon Produktif

27 Desember 2016 / 04:35 Dibaca sebanyak: 357 kali Tulis komentar

cibiruBANDUNG KJ – Jika kita melihat di pinggir-pinggir jalan raya ditanami dengan tanaman hijau, fungsi tanaman hijau yang ditanam di pinggir jalan raya adalah untuk mengurangi polusi udara yang diakibatkan oleh asap kendaraan bermotor. Karena kita tahu bahwa tanaman hijau adalah sumber oksigen, sedangkan oksigen sangat dibutuhkan manusia dan hewan untuk bernafas. Tentu saja dapat kita bayangkan seandainya suplai oksigen di bumi menipis. Jika hutan adalah paru-paru dunia, maka taman adalah paru-paru kota.

Disamping itu semua sering kita melihat banyak lahan produktif berisi tanaman produktif digantikan oleh gedung-gedung tinggi pencakar langit, saat ini tercatat sedikitnya 100 ribu lahan produktif beralih fungsi menjadi areal perumahan.

Dalam rilis yang diterima redaksi kemarin, mengingat pentingnya sumber oksigen serta demi menjaga paru-paru kota dan mengurangi polusi sekaligus akan mendapatkan hasil dari tanaman, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertapa) Kota Bandung tengah menggalakkan penanaman pohon produktif di beberapa wilayah di Kota Bandung.

elyDitegaskan Kepala Dispertapa Kota Bandung, Ely Wasliah salah satu manfaat tanaman adalah untuk mengurangi polusi, mencegah terjadinya banjir, tanah longsor akibat hutan gundul dan masih banyak lagi. Sedangkan salah satu manfaat tanaman produktif adalah untuk diambil hasilnya.

“Sebagai contoh kita menanam tanaman mangga untuk diambil buah mangganya, menanam pohon rambutan untuk diambil rambutanya sebagai buah. Nah untuk itu agar pemanfaatanya secara optimal maka kita dapat menanami taman-taman kota dengan pohon mangga. Sehingga selain dapat diambil buahnya, juga sekaligus mengurangi polusi udara kota,” ujarnya disela-sela Kegiatan Penanaman Pohon Produktif dalam rangka Peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan Kota Bandung ke-17, di Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kamis (24/11/2016).

Menurut Ely, jika warga ramai-ramai menanam tanaman produktif, selain dapat diambil buahnya juga dapat diambil manfaatnya untuk mengurangi polusi, penghijauan dan mengurangi global warming.

w1om3qusedTanaman produktif, sambungnya, adalah semua jenis tanaman yang dapat menghasilkan buah sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia. Beberapa contoh tanaman produktif diantaranya : Pohon mangga, pohon rambutan, pohon kelapa, cabai, tomat, terung, dan lainnya. Selain dimanfaatkan untuk penghijauan fungsi tanaman hidup adalah untuk diambil hasilnya.

Perlu diinformasikan, Pemerintah Kota Bandung tengah mengembangkan pertanian perkotaan, dimana setiap RW diwajibkan menanam berbagai jenis tanaman yang dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Meski memiliki julukan kota kembang, dengan jumlah penduduk yang besar dan pembangunan yang pesat, Bandung tak lagi memiliki banyak lahan hijau atau keterbatasan lahan.

Untuk itu, papar Ely, pemerintah mengembangkan urban farming atau pertanian perkotaan mulai tahun ini, dimana para keluarga di setiap Rukun Warga atau RW wajib menanam berbagai tanaman produktif yang bernilai ekonomis bagi keluarga.

lubang-pohon-produktifDitegaskannya, program yang sepenuhnya diprakarsai oleh pemerintah kota Bandung tersebut akan menyasar seluruh warga. Pemerintah kota sendiri akan memberikan bantuan sarana seperti bibit, pupuk, dan pot-pot atau rak-rak tanaman.

Sejalan apa yang disampaikan Camat Cibiru Ayi Sutarsa, bahwa pihaknya tengah fokus dan giat dalam program dalam memperbanyak Ruang Terbuka hijau (RTH). Menurut catatannya jumlah RTH di Cibiru sekitar 10% dari total 632ha luas kecamatan. (AS/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Web Hosting Murah WHAiO