Dewan Soroti Sektor Perikanan dan Kelautan Jawa Barat

5 Mei 2017 / 06:21 Dibaca sebanyak: 147 kali Tulis komentar

BANDUNG, KJ – Sektor perikanan dan kelautan Jawa Barat menjadi salah satu bidang pembangunan yang mendapat sorotan DPRD dalam hasil pembahasan Laporan keterangan pertangung Jawaban gubernur Jabar thun 2016, sehingga Dewan merekomendasikan agar  Pemprov. Jabar memberikan dorongan untuk meningkatkan pembangunan di sektor perikanan dan kelautan ini.

Rekomendasi ini merupakan hasil pembahasan pansusu LKPJ yang disampaikan  dalam laporan Pansus LKPJ Gubernur Jabar tahun 2016 yang ditandatangani Ketua Pansus  Sadar Muslihat yang disampaikan awal Mei 2017.

Rekomendasikan dewan meliputi: Pertama, Pemprov. Jabar diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM kelautan melalui fasilitasi pembangunan politeknik dan SMK bidang kelautan. Kedua, meningkatkan kualitas dan kuantitas nelayan-nelayan Jabar melalui pendidikan. Pelatihan, magang ke luar negeri dan kaderisasi.

Ketiga, membangun fasilitas penunjang usaha nelayan di sentra-sentra nelayan di Jabar, antara lain pembangunan cool storage, stasiun pengisian BBM, outlet koperasi/bank, fasilitas air bersih dan akses internet. Keempat, mendorong pengembangan budi daya perikanan laut yang bertujuan untuk menyediakan pasokan bahan baku bagi industri kecil menengah tepung ikan.

Selain itu, ke lima, mendorong dan memfasilitasi riset-riset bidang kemaritiman dan perikanan laut. Keenam, mendorong penyediaan pusat data kelautan dan perikanan serta membangun fasilitas sistem teknologi penyebarannya. Dan terakhir Ketujuh, Dewan merekomendasikan Pemprov Jabar  untuk mendorong dan memfasilitasi investasi di sektor kelautan. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Web Hosting Murah WHAiO