Dewan Minta Pemprov Optimalkan Pembangunan Sanitasi Berbasis Masyarakat

3 Mei 2016 / 07:40 Dibaca sebanyak: 388 kali Tulis komentar

BANDUNG KJ – DPRD Jawa Barat meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar lebih mengoptimalkan pembangunan sanitasi berbasis masyarakat karena masih banyak warga yang tidak memiliki toilet dan kesulitan dalam memperoleh air bersih.

Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Yod Mintaraga mengatakan, program sabermas yang dilakukan Dinas Pemukiman dan Perumahan Jabar pada 2015 kemarin tergolong gagal. Selain lokasi pembangunannya yang tidak tepat, serapan anggaran program ini pun tidak maksimal. Lanjutnya  dari total anggaran program sanitasi berbasis masyarakat tahun 2015 sebesar Rp611 miliar yang terserap hanya sekitar 51 persennya. Hal ini menunjukkan Program Sabermas 2015 tidak terencana dengan baik.

“Dalam pelaksanaannya tidak menggembirakan. Ini sebuah perencanaan yang tidak matang,” kata Yod pada wartawqan , di Bandung, Selasa (3/5).

Ia mengatakan rendahnya pembangunan sabermas 2015 ini karena koordinasi yang buruk antara pemprov dengan pemerintah kabupaten/kota sehingga banyak pemerintah kabupaten/kota yang tidak siap terkait program sabermas 2015. Terlebih, lanjut dia, Pemprov Jawa Barat hanya membangun fisiknya saja, sedangkan untuk lahannya harus disediakan pemerintah kabupaten/kota sehingga dirinya meminta pemprov lebih mematangkan lagi program sabermas pada tahun ini. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Web Hosting Murah WHAiO