Berantas Pungli, Pemerintah Dituntut Tidak Pandang Bulu

23 Oktober 2016 / 07:48 Dibaca sebanyak: 247 kali Tulis komentar

BANDUNG KJ – Pemerintah dituntut tidak pandang bulu dalam memberantas terjadinya pungutan liar yang menimpa masyarakat. Pemerintah pusat hingga daerah harus bisa memberantas pungli di berbagai bidang.

Menyikapi itu, Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Rustandi, mengapresiasi Pemerintah Kota Bandung yang berani mengambil tindakan tegas terhadap adanya praktik pungli di lingkungan pendidikan. Hal tersebut patut ditiru oleh pemerintah daerah lainnya untuk memastikan bagusnya kualitas pendidikan.

Namun, dia berharap Pemkot Bandung pun berani membongkar praktik pungli di bidang lainnya. Sebab, kata dia, pungli pun terjadi di sektor lain, tak hanya pendidikan.

“Di (sektor) perizinan, itu sangat besar punglinya,” kata Rustandi di Bandung, Minggu (23/10).

Rustandi menyebut, pemerintah harus konsisten dalam memberantas pungli. Dirinya berharap jangan hanya memberantas yang kecil, tetapi berantas pula yang besar-besarnya. Meski begitu, Rustandi meyakini sektor pendidikan memang rawan terjadinya pungli.

“Dipahami, karena hal ini salah satunya dikarenakan banyak masyarakat yang ingin masuk sekolah favorit. Ini menandakan sekolah di kita belum merata,” katanya.

Namun, dia meminta Pemkot Bandung bisa benar-benar membuktinya adanya praktik pungli tersebut. “Kalau memang benar, berarti sebegini parahnya pungli di pendidikan. Selaku anggota DPRD yang membidangi itu, saya prihatin,” ucapnya. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Web Hosting Murah WHAiO