Diskominfoarpus Cimahi Manjakan Masyarakat Dengan Sistem Berbasis Internet

15 Februari 2017 / 06:56 Dibaca sebanyak: 207 kali Tulis komentar

CIMAHI KJ – Untuk memanjakan warga masyarakat yang hendak mengkonsumsi buku-buku bacaan di Perpustakaan Daerah Kota Cimahi, Dinas Komunikasi dan Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) setempat mempersiapkan sistem pinjam buku berbasis internet.

Sekretaris Diskominfoarpus Kota Cimahi, Muhammad Ronny menjelaskan, peminjaman buku yang akan diterapkannya itu bernama Elektronik Book (E-Book). Lewat sistem tersebut, lalu lintas peminjaman buku akan lebih mudah terawasi karena dengan mudah diketahui buku tersebut dibaca atau tidaknya.

“Buku itu bisa dibaca lewat ponsel berbasis android atau melalui PC yang tersambung internet,” kata Roni, kemarin.

Dirinya menjelaskan, cara seseorang yang ingin menggunakannya terbilang mudah. Tinggal mendaftar secara online, maka daftar buku yang ingin dibaca akan muncul.

Menurutnya, buku elektronik yang disiapkannya ini mencapai 3.000 eksemplar dengan maksimal tiga eksemplar merupakan judul yang sama. Dengan demikain, ketika ada satu buku dipinjam, maka sisa dua buku akan ketahuan dalam sistem.

“Artinya, melalui sistem pinjam buku E-Book ini, siapapun yang akan meminjam buku dan dibaca atau tidak buku tersebut akan diketahui. “Jadi, minat baca juga bisa ketahuan berapa persen ketika buku itu dibaca,” kata Ronny.

Perihal stok buku yang ada dalam sistem nanti, beber Ronny, memang direncanakan sekitar 3.000. Namun akan dilihat juga berdasarkan kebutuhan. Sistem pinjam buku online ini dirancang setelah melihat kondisi Perpustakaan Kota Cimahi yang terlihat sudah penuh dengan buku. Berdasarkan data, stok buku di Persputakaan sudah mencapai 19.393 eksemplar buku.

“Kami perlu menggunakan buku elektronik ini karena ruangan yang terbatas sudah tidak lagi menampung buku dalam bentuk fisik,” pungkas Ronny. (fi)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Web Hosting Murah WHAiO